Rabu, 16 April 2014

Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Layak Huni

Ciri-Ciri Rumah Sehat dan Layak Huni – Bisa hidup dengan nyaman dan betah di dalam rumah merupakan salah satu kenikmatan hidup yang harus kita syukuri. Di dunia ini mungkin masih banyak orang yang belum bisa hidup dengan nyaman karena rumahnya yang tidak sehat dan kotor. Agar seseorang bisa tinggal dengan nyaman maka sebaiknya rumah memiliki ciri-ciri sebagai rumah yang sehat dan layak huni.

Untuk bisa hidup nyaman di rumah idaman, rumah tidak harus selalu mewah dan megah. Bahkan dengan rumah yang sederhana pun orang masih bisa hidup secara nyaman asalkan rumahnya memiliki persyaratan atau ciri-ciri sebagai rumah yang sehat dan layak huni. Lalu bagaimanakah rumah itu bisa dikatakan sebagai rumah sehat dan layak huni? Berikut ini beberapa cirinya :

1.   Sirkulasi udara yang baik
Rumah yang sehat memiliki sistem sirkulasi udara yang baik dan lancar. Ketersediaan jendela dan ventilasi udara yang cukup sehingga udara bisa mengalir dan bergantian.

2.   Sanitasi yang bagus
Rumah memiliki saluran pembuangan air yang memadai, memiliki septic tank, jamban leher angsa, tempat pembuangan sampah, dll.

3.   Konstruksi bangunan yang memenuhi standar
Rumah memiliki konstruksi bangunan yang baik dan tidak mudah roboh sehingga aman bagi penghuninya. Dinding bangunan tidak harus dari batu bata ataupun semen, bahkan dengan papan kayu pun asalkan dibangun dengan konstruksi dan dekorasi yang bagus maka bisa termasuk rumah yang sehat.

4.   Penerangan atau pencahayaan yang cukup
Ruangan harus cukup dengan pencahayaan sehingga tidak akan merusak mata saat membaca buku, mengoperasikan laptop/komputer, menyaksikan televisi, dll. Selain itu, sinar matahari yang cukup juga dibutuhkan oleh manusia, tanaman, dan hewan agar bisa tumbuh dengan sehat dan terhindar dari penyakit.

5.   Ketersediaan air bersih
Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi makhluk hidup. Air yang dikonsumsi oleh manusia harus bersih dari pencemaran. Sumber air harus jauh dari letak septic tank agar tidak terkena pencemaran. Ketersediaan air bersih akan membuat para penghuninya hidup dengan sehat.

6.   Kandang hewan terpisah dari rumah
Bagi Anda yang suka memelihara hewan entah itu hanya sekedar hobi atau sebagai mata pencaharian, sebaiknya letak kandang terpisah dari rumah. Kandang hewan bisa diletakkan di halaman rumah. Hal ini untuk menghindari adanya penyakit yang biasa terjadi pada hewan atau yang dibawa oleh hewan. Selain itu, kandang hewan juga harus rutin dibersihkan agar hewan dan manusia di sekitarnya bisa hidup sehat.

7.   Bersih dari kotoran
Rumah yang sehat harus senantiasa dirawat setiap hari. Baik itu ruangan yang ada di dalam rumah maupun halaman harus rutin dibersihkan dari kotoran seperti seresah daun, rumput liar, debu-debu yang menempel di lantai atau kaca, dll.

8.   Penghijauan
Rumah akan kelihatan lebih asri dan sedap dipandang mata jika terdapat tanaman-tanaman hias dan pepohonan. Tanaman-tanaman ini akan menciptakan iklim yang sejuk dan membuat udara menjadi lebih bersih.

Demikian beberapa ciri rumah sehat dan layak huni. Mungkin ada dari pembaca yang mengetahui ciri-ciri yang lain. Dengan tinggal di dalam rumah yang sehat maka akan membuat para penghuninya bisa hidup lebih nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit.

Salah satu rumah di Bogor yang memiliki ciri-ciri rumah sehat dan layak huni adalah perumahan Cyber Park Residence. Di rumah ini, Anda akan disuguhi berbagai macam fasilitas yang lengkap dan menarik seperti melihat pemandangan Gunung Salak dan fasilitas untuk dapat mengakses internet dengan kecepatan 100 Mbps tiap rumahnya. Untuk informasi selengkapnya dan pemesanan rumah Cyber Park Residence, silakan klik di sini.