Rabu, 11 Desember 2013

14 Tips Cerdas Membeli Rumah Baru


14 Tips Cerdas Membeli Rumah Baru – Mengingat keterbatasan kondisi keuangan kita, maka kita tidak boleh asal dalam membeli rumah. Tidak mungkin kita bisa gonta-ganti rumah semaunya jika kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan. Namun jika kita termasuk orang yang kaya raya, mungkin bisa membeli banyak rumah atau sering bergonta-ganti rumah jika merasa kurang nyaman.


Bagi Anda yang mau membeli rumah untuk menjadi tempat tinggal keluarga Anda, alangkah baiknya jika sebelumnya memperhatikan beberapa tips. Tujuannya adalah agar kita tidak sampai salah dalam membeli rumah atau agar memudahkan kita melakukan pembelian sebuah rumah. Di samping itu, jika kita mau hidup nyaman di tempat tinggal yang baru maka tidak boleh sampai salah dalam membeli atau memilih.

Berikut ini 14 tips cerdas membeli rumah baru untuk keluarga Anda:
1.    Mencari banyak sumber referensi dari berbagai media seperti brosur, koran, majalah, internet, dll
Agar kita bisa mendapatkan banyak informasi tentang rumah yang dijual, maka kita harus mencari referensi sebanyak-banyaknya dari berbagai macam media, baik itu media cetak atau media elektronik. Anda bisa mencarinya melalui brosur, koran, majalah, internet, radio, televisi, dll.

2.    Mengecek langsung ke rumah yang Anda minati jika memungkinkan
Jika Anda mempunyai waktu luang, sebaiknya pergi untuk mengecek langsung ke rumah yang ingin Anda beli. Dengan datang langsung maka Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih detail dan valid karena kadangkala iklan yang ada di media informasinya masih kurang rinci dan bahkan tidak sesuai dengan kondisi rumah yang sebenarnya.

3.    Memilih rumah yang mudah akses jalan dan sarana transportasinya
Pilihlah rumah yang akses jalannya mudah dan bagus seperti dekat jalan raya dan jalan sudah diaspal. Jalan yang bagus bisa membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan kendaraan lebih awet, serta tidak mudah terkena kecelakaan.

4.    Memilih rumah yang dekat atau tidak terlalu jauh dengan fasilitas umum
Rumah yang dekat dengan fasilitas umum sebaiknya dijadikan pilihan yang penting. Di antara fasilitas umum tersebut seperti kantor tempat bekerja, tempat ibadah, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, sekolah, pasar atau mall, pom bensin, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya. Tujuannya adalah agar semakin menghemat waktu dan biaya pengeluaran Anda sehari-hari sehingga lebih efisien. Rumah yang jauh dari kantor tempat bekerja akan membuat biaya pengeluaran untuk membeli bahan bakar semakin membengkak dan juga membutuhkan waktu lama untuk bisa sampai di tempat Anda bekerja.

5.    Sebaiknya lebih memilih tinggal di perumahan karena lebih aman
Kondisi keamanan di perumahan lebih baik karena biasanya ada yang sudah dilengkapi pagar di areal perumahan atau juga dilengkapi dengan kamera CCTV. Selain itu juga karena kondisi penghuni di perumahan lebih ramai sehingga bisa saling menjaga atau mengawasi.

6.    Pilih pengembang perumahan yang terpercaya
Sebelum membeli rumah baru, sebaiknya Anda juga perlu memperhatikan citra atau nama baik dari pengembang atau developer perumahan tersebut. Jangan sampai membeli rumah ke pengembang yang mempunyai citra kurang baik di mata masyarakat atau pernah melakukan penipuan. Jika sampai salah pilih membeli rumah ke pengembang yang sudah terkenal suka menipu konsumen, bisa-bisa uang Anda dibawa kabur oleh mereka dan Anda menjadi menyesal di kemudian hari. Impian Anda untuk bisa memiliki rumah baru menjadi kandas di tengah jalan karena Anda sudah tidak memiliki anggaran untuk membeli rumah lagi.

7.    Pilih perumahan yang mempunyai fasilitas internal yang lengkap
Perumahan yang memiliki fasilitas internal lengkap seperti kolam renang, tempat bermain, tempat olahraga, tempat ibadah, kamera CCTV, dll sebaiknya lebih Anda pertimbangkan. Dengan fasilitas perumahan yang serba lengkap akan membuat hidup Anda sekeluarga menjadi lebih nyaman. Bagi Anda yang suka berenang maka tidak perlu jauh-jauh lagi mencari tempat berenang. Anak-anak Anda yang suka bermain juga bisa bermain bersama dengan anak-anak tetangga di tempat bermain yang masih dalam lingkup area perumahan, jadi Anda lebih mudah mengawasi mereka.

8.    Posisi hadap rumah terhadap sinar matahari
Posisi hadap rumah sebaiknya juga menjadi bahan pertimbangan saat akan membeli rumah baru. Anda bisa memilih rumah yang menghadap ke sinar matahari pagi atau sinar matahari sore, tergantung mana yang Anda sukai. Rumah yang menghadap ke sinar matahari pagi mungkin lebih baik karena lebih menyehatkan pertumbuhan tulang.

9.    Harga rumah disesuaikan dengan anggaran keuangan Anda
Carilah rumah yang harganya pas dengan kondisi keuangan Anda, jangan mencari rumah yang terlalu mewah atau megah yang harganya mahal jika Anda tidak mampu untuk membayarnya. Namun bagi Anda yang memiliki banyak uang, bisa memilih rumah yang harganya mahal.

10. Info harga rumah harus jelas sejak awal
Mulai dari awal harus ada informasi yang jelas dari pihak pengembang berapa total biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli rumah. Jangan sampai Anda merasa ditipu oleh pengembang karena ada biaya-biaya tambahan di luar kesepakatan bersama padahal sebelumnya sudah terjadi perjanjian jual beli secara sah. Kecuali kalau memang belum terjadi akad perjanjian jual beli secara sah sebelumnya, pihak pengembang masih bisa menaikkan harga rumah sesuai dengan harga terkini karena memang setiap tahun harga rumah selalu naik.

11. Jangan pilih rumah yang sering tergenang banjir saat musim hujan
Perlu Anda perhatikan juga apakah rumah yang akan Anda beli tersebut tergenang banjir ketika musim hujan tiba. Lokasi rumah yang sering terkena banjir berarti sistem drainasenya kurang baik sehingga bisa menimbulkan penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya.

12. Pilih perumahan yang memiliki kondisi udara yang masih bersih dan segar serta pemandangan alam yang indah
Perumahan dengan kondisi udara yang bersih dari polusi bisa membuat kualitas hidup Anda sekeluarga menjadi lebih baik dan sehat. Perumahan yang hijau dan asri dengan banyak ditumbuhi pohon rindang bisa menjadi suatu pilihan. Bisa melihat pemandangan alam yang indah dari rumah seperti melihat pegunungan, perbukitan, persawahan, dll juga bisa memberi nilai plus. Melihat pemandangan alam yang indah juga dapat mengurangi stres dan membuat hidup Anda lebih bersemangat.

13. Persiapkan segala sesuatu sebelum kita pindah ke rumah yang baru seperti memasang listrik, pompa air atau sumur, antena parabola, tirai atau gorden, dll
Sebelum barang-barang Anda dibawa ke rumah yang baru, sebaiknya perlu mengecek semua perlengkapan atau fasilitas yang dibutuhkan di rumah baru seperti memasang listrik, membuat sumur atau pompa air, memasang parabola, dll. Tujuannya agar barang-barang yang Anda bawa itu nanti tidak mengganggu pekerjaan pemasangan fasilitas-fasilitas tersebut. Selain itu juga, agar ketika Anda sekeluarga sampai di rumah baru untuk mulai menempatinya, tidak lagi bingung untuk mencari air atau menghidupkan lampu.

14. Berdoa ketika akan memasuki rumah yang baru dibeli agar keluarga Anda bisa tinggal dengan aman, nyaman, dan selamat
Saat Anda sekeluarga mau memasuki rumah baru untuk mulai ditempati sebaiknya tidak lupa untuk berdoa terlebih dahulu. Dengan berdoa semoga Anda sekeluarga bisa tinggal di rumah yang baru dengan aman, nyaman, dan selamat.

Demikianlah 14 Tips Cerdas Membeli Rumah Baru yang dapat kami sampaikan. Bagi Anda yang ingin mencari sebuah rumah baru di Bogor, perumahan Cyber Park Residence bisa menjadi salah satu pilihan buat Anda sekeluarga. Semoga Anda sekeluarga bisa memilih tempat tinggal yang tepat sehingga bisa hidup lebih bahagia dan sejahtera. Hanya dengan punya rumah yang murah atau sederhana saja Anda sekeluarga masih tetap bisa merasakan hidup bahagia jika tepat dalam memilih sebuah rumah yang akan ditempati.